Pol PP Siap Tegakkan Prokes Selama Ramadhan

KBRN-Tolitoli; Dalam pelaksanaan ibadah Ramadhan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tolitoli akan menerjunkan petugasnya untuk monitoring pelaksanaan protokol kesehatan. 

Hal itu disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kabupaten Tolitoli, Samsuh M. Saleh.

Petugas, kata dia, melakukan monitoring di masjid-masjid yang ada di 10 Kecamatan.

“Kami akan melakukan monitoring ke wilayah, ya paling tidak kita ingin ibadah kita bisa dilaksanakan tapi tetap menjaga protokol kesehatan,” ujar Samsu, Senin (12/04/2021).

Ditegaskan, pelaksanaan ibadah Ramadhan tetap harus mengikuti protokol kesehatan. Hal ini tentunya sesuai dengan Surat Edaran Bupati Tolitoli tentang Panduan Ibadah Ramadhan Dan Idul Fitri. 

“Pengelola tempat ibadah terlebih dulu harus melakukan pengecekan (kesiapan pelaksanaan Prokes),”tegasnya.

Dijelaskan, aturan ibadah di masa Ramadhan, misalnya, kapasitas maksimal masjid atau mushola dan tata cara pelaksanaan ibadah pada saat Ramadan diatur.

“Misalnya, jamaah yang beribadah di masjid atau mushola maksimal 50% dari kapasitas,”ungkapnya. 

Dikatakan, pihaknya melakukan penjagaan tersebut tentunya untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakatr saat melaksanakan ibadah. 

“Kami akan melakukan monitoring ke masjid-masjid. Ya paling tidak, kami ingin ibadah bisa dilaksanakan tapi tetap menjaga protokol kesehatan,” paparnya. 

Samsuh M. Saleh mengingatkan, Satpol PP Tolitoli akan terus melaksanakan penegakan aturan Prokes pada saat Ramadan demi mencegah angka covid-19 di Tolitoli meningkat. 

“Kami berharap seluruh jajaran masyarakat sama-sama menjaga protokol kesehatan dan tidak berkerumun melebihi batas waktu yang ditentukan,” pungkasnya.

 

Sumber : rri.co.id